Tenggarock

18 Logo Band International dan Sejarahnya

kiss-logo-band

Desain dan musik rock tidak pernah melenceng jauh antara satu dengan yang lain. Dan bagi banyak band-band di seluruh dunia begitu juga band dengan aliran rock, logo telah menjadi alat branding yang sangat kuat, logo tersebut akan dicantumkan pada catatan & CD, ditampilkan di latar belakang panggung, peralatan musik mereka, dicetak di t-shirt dan merchandise lainnya yang akan dijual kepada penggemar dan pengikut mereka di seluruh dunia.

Artikel ini sedikit melenceng dari pembahasan utama dari blog centerklik, namun masih dalam satu kategori desain dan inspirasi. Saya akan menyajikan eksplorasi dan informatif dari beberapa logo band yang paling ikonik, berani, dan eye-catching dalam sejarah band hard-rock. Artikel ini saya rewrite dari penulis aslinya Alexander Eckstein yang mempublish tulisan ini di creativebloq yang semoga dapat bermanfaat bagi pembaca di indonesia yang sedang mencari ide kreatif tentang logo band yang semoga menginspirasi bagi calon band baru yang ingin mendesain logo untuk band miliknya.

  1. AC/DC

acdc

Diresmikan pada bulan Juni 1977, logo AC / DC dirancang oleh Atlantic Records art director Bob Defrin dengan bantuan desainer grafis terkenal Gerard Huerta. logo menggambarkan petir di bagian tengah yang tergabung dalam nama band. Huerta membuat logo ini terlihat tajam, crafted dengan huruf Gothic nya

2. Aerosmith

aerosmith-logo-band

Logo bersayap klasik ini dirancang oleh mantan gitaris band dan anggota pendiri Raymond Tabano pada tahun 1974. Ini terdiri dari huruf A di gabung dengan bintang dan sepasang sayap. Tapi sang pembuat desain logo ini yakni Tabano sayangnya meninggalkan band pada saat logo ini diresmikan

3. Black Flag

black-flag-logo

Logo Flag hitam dirancang oleh gitaris dan saudara penulis lagu utama Greg Ginn, artis berbasis di New York Raymond Pettibon, yang juga menyarankan nama band. logo terdiri dari bergaya, bendera hitam bergelombang yang memiliki empat bar hitam.

4. Logo Emerson, Lake Nad farmer

emerson-lake-palmer-logo-band

Logo Emerson Lake & Palmer bergaya seperti tengkorak. Dengan huruf E dan P mengelilingi seluruh simbol, itu dirancang oleh Swiss surealis artis HR Giger pada tahun 1973. Giger meninggal di usia 74 Mei 2014.

5. Grateful Dead 

grateful-dead-logo-band

Grateful Dead Meluncurkan album ganda live, mereka mencuri perhatian dunia musik rock pada tahun 1974, Grateful Dead logo terdiri dari tengkorak menyeringai dan petir. Sering disebut sebagai logo ‘stealie’ dan awalnya digunakan untuk menandai peralatan band, itu dirancang oleh insinyur suara Owsley Stanley dan diberikan oleh direktur seni Bob Thomas

6. Iron Maden 

iron-maiden-logo-band

Beberapa logo memiliki daya tarik global sebagai Iron Maiden. Menampilkan sebuah jenis huruf heavy metal, Logo Iron Maiden dirancang pada tahun 1977 oleh penyanyi Dennis Wilcock dengan bantuan direktur seni Ray Hollingsworth.

7. Kiss 

kiss-logo-band

Logo ini terdiri dari petir ganda, logo Kiss dirancang pada tahun 1974 oleh mantan lead gitaris band Ace Frehley. Sejak logo ini muncul telah menimbulkan banyak kontroversi karena logo ini sangat mirip dengan lambang Nazi Jerman ‘SS’.

8. Led Zeppelin 

led-zeppelin-logo-band

Ini merupakan logo legendaris, logo dengan coretan tangan ini dirancang pada tahun 1973 oleh Badai Thorgerson dan Aubrey Powell dari biro desain art Inggris Hipgnosis, awalnya sebagai bagian dari cover art untuk album band 1973, House the Holy.

9. Metallica 

metallica-logo-band

Dibuat pada tahun 1981 oleh vokalis James Hatfield, logo Metallica memiliki digambar tangan, jenis huruf bergerigi yang sempurna menyampaikan sikap band heavy metal. logo itu kemudian terkenal pada tahun 2008 oleh Turner Duckworth

10. Motorhead 

motorhead-logo-band

Logo motorhead terdiri dari tengkorak setan dengan tanduk panjang dan gigi taring setan. Juga dikenal sebagai ‘War-Pig’ atau ‘snaggletooth’ dan menampilkan gaya huruf gothic, itu dirancang pada tahun 1977 oleh seniman grafis Amerika Joe Petagno yang juga menciptakan album mencakup untuk Led Zeppelin, Pink Floyd, Nazareth, dan Roy Harpe

11. Nine Inch Nails

nine-inch-nails-logo-band

Dibuat pada tahun 1989 oleh vokalis Trent Reznor dan art director Gary Talpas, logo Nine Inch Nails banyak meminjam dari album Talking Heads ‘1980 Tetap Dalam Cahaya yang dirancang oleh desainer grafis legendaris Tibor Kalman

12. Nirvana

nirvana

Awalnya terinspirasi oleh pengerjaan ulang frontman Kurt Cobain dari lambang Seattle sekarang sudah tidak berfungsi klub strip Lusty Lady, logo Nirvana memiliki style wajah tersenyum dengan tulisan didasarkan pada jenis huruf Onyx.

13. Pink Floyd

pink-floyd-logo-band

Meskipun band ini telah bereksperimen dengan sejumlah logo, yang paling umum logo Pink Floyd (digambarkan di atas) terdiri dari ekspresif, namun longgar dan santai, huruf tulisan tangan. Logo ini sederhana dan lucu, biasanya didasarkan pada tema hitam-putih.

14. Queen

queen-logo-band

Sangat sedikit orang yang tahu bahwa Freddie Mercury adalah seniman mahasiswa desain grafis mantan dari Ealing Art College, London. Logo Queen menggambarkan huruf ‘Q’ dan tanda-tanda zodiak dari empat anggota band, adalah ciptaan asli Merkurius. Logo terlihat megah, itu memiliki kemiripan yang mencolok dengan British Coart arms.

15. Sex Pistols

sex-pistols-logo-band

Dibuat pada tahun 1976 oleh aktris Afrika Selatan Helen Wellington-Lloyd, logo Sex Pistols terdiri dari cut-up, huruf gaya tembusan. Ini pertama kali muncul pada bahan publikasi untuk debut single band ‘Anarchy in the UK’, yang dirancang oleh seniman Inggris dan Jamie Reid.

16. Slayers 

slayer-logo-band

Logo band Slayer terdiri dari pentagram dibentuk oleh empat pedang dan baris kelima sengaja ditarik. Terletak di latar belakang abad pertengahan, logo ini telah menimbulkan banyak kontroversi karena diduga kecenderungan anti-Kristen dan Nazi.

17. Van Halen

van-halen-logo-band

Desain bersayap ikon logo Van Halen dirancang pada tahun 1978 oleh gitaris band dan co-founder Eddie Van Halen. Pertama muncul di cover art album debut mereka, logo itu telah diubah beberapa kali selama bertahun-tahun.

18. The Who 

the-who-logo-band

Logo The Who diciptakan pada tahun 1964 oleh pelukis terkenal Inggris dan seniman grafis Brian Pike, terdiri dari simbol gaya objek sasaran roundel dan jenis huruf kustom memanjang menampilkan panah. Erat terkait dengan ikonografi mod, itu menggambarkan maskulinitas dan memuliakan warisan bahasa Inggris dari band.

(source : creativebloq)

 

More Info Tenggarock Merchandise

16843

2

1

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *